KEBIJAKAN PRIVASI

PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (selanjutnya disebut “Perusahaan”) memahami bahwa Data Pribadi Anda bersifat rahasia, sehingga Perusahaan berupaya untuk menjaga keamanan serta menggunakan informasi Data Pribadi Anda sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku sehubungan dengan Pelindungan Data Pribadi. 

Melalui Kebijakan Privasi ini, Perusahaan akan menjelaskan bagaimana Perusahaan akan menggunakan data pribadi yang: (i) Perusahaan peroleh melalui penyediaan layanan kepada Anda; dan/atau (ii) Anda berikan kepada Perusahaan pada saat mengakses dan/atau menggunakan layanan dan/atau fasilitas yang disediakan oleh Perusahaan. Seluruh ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini telah disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi dan perubahannya serta peraturan perundang-undangan terkait lainnya.

A. Definisi Data Pribadi

Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik. Data Pribadi yang diproses meliputi Data Pribadi yang telah diberikan maupun yang akan Anda berikan kepada Perusahaan.

B. Rincian Data Pribadi yang Perusahaan Proses

Perusahaan menyadari bahwa Anda perlu mengetahui jenis Data Pribadi Anda yang dapat diproses oleh Perusahaan. Jenis-jenis data tersebut meliputi:

1.  Data Umum, yaitu:

a. Nama lengkap;

b. Jenis kelamin;

c. Kewarganegaraan;

d. Agama;

e. Status perkawinan;

f. Tempat dan tanggal lahir;

g. Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk Warga Negara Indonesia (WNI);

h. Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), Paspor, Tax Identification Number (TIN),  dan dokumen keimigrasian untuk Warga Negara Asing (WNA);

i. Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;

j. Alamat sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP);

k. Alamat dan status domisili;

l. Alamat surat elektronik (email);

m. Nomor telepon/ponsel; dan/atau

n. Kontak darurat yang mencakup nama, jenis hubungan dengan Anda, alamat, nomor telepon/ponsel, dan email.

 

2. Data Spesifik, yaitu:

a. Data pendidikan, pekerjaan dan informasi rekan kerja, yaitu: tingkat dan status pendidikan, lembaga pendidikan, nomor seri ijazah; jenis dan bidang usaha, status kepegawaian, jabatan, divisi, tahun mulai bekerja/usaha, nama perusahaan/instansi tempat bekerja, alamat, nomor telepon, email perusahaan/instansi tempat bekerja; serta informasi terkait rekan kerja berupa nama, jabatan, alamat email, dan nomor telepon;

b. Data keluarga dan anak, yaitu: nama pasangan, nama orang tua, nama saudara kandung, jumlah tanggungan dan nama orang yang ditanggung selain pasangan, orangtua, saudara kandung dan anak; jumlah anak maupun nama anak;

c. Data biometrik, yaitu: rekaman suara, rekaman gambar, foto, bentuk tanda tangan (basah dan/atau elektronik), rekam sidik jari, retina mata, dan sampel DNA;

d. Data kesehatan, yaitu: catatan atau keterangan individu yang berkaitan dengan kesehatan fisik, mental dan pelayanan kesehatan;

e. Data keuangan, yaitu: nomor rekening, nama dalam rekening, nama Bank, jenis rekening (tabungan/giro), jenis investasi yang dimiliki, rekening investasi, data fasilitas kredit yang dimiliki dan nomor kartu kredit;

f. Data aktivitas digital, yaitu: geolokasi, alamat IP, aktivitas Anda pada aplikasi digital, aktivitas Anda pada aplikasi Perusahaan, interaksi aplikasi Perusahaan pada perangkat elektronik Anda; dan/atau

g. Data terkait preferensi pribadi, yaitu: preferensi cara dan perangkat komunikasi, hobi, dan minat.

 

C. Bagaimana Perusahaan Mendapatkan Data Pribadi

Perusahaan dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dari sumber-sumber sebagai berikut:

1. Dari Anda secara langsung atau dari pihak ketiga mana pun yang telah mendapatkan izin dari Anda untuk melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda;

2. Informasi Data Pribadi Anda yang diperoleh Perusahaan ketika Anda menggunakan produk dan/atau layanan lainnya dari Perusahaan;

3. Dari broker, agen, atau perantara lainnya yang bekerja sama dengan Perusahaan untuk mempromosikan dan menyediakan produk dan/atau layanan kepada Anda;

4. Cookie, layanan lokasi, alamat IP ketika Anda mengunjungi situs web atau aplikasi Perusahaan;

5. Data Diri yang Anda isi ketika mengisi formulir-formulir yang tersedia dalam situs web dan/atau aplikasi Perusahaan; dan/atau

6. Kuisioner dan detail kontak yang Anda isi melalui survei, konferensi, roadshow, atau rangkaian promosi lainnya yang dilakukan Perusahaan.

 

D. Legalitas Pemrosesan Data Pribadi

Pemrosesan Data Pribadi dapat dilakukan sepanjang Perusahaan telah memenuhi satu atau beberapa dasar pemrosesan sebagai berikut:

1. Perusahaan dapat menerima dan/atau memperoleh izin secara eksplisit dan sah dari Anda atau melalui pihak ketiga yang mendapat izin dari Anda untuk melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda;

2. Perusahaan menjalankan hak dan kewajibannya berdasarkan perjanjian dengan Anda;

3. Perusahaan perlu melaksanakan kewenangan atau memenuhi kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan dan/atau perintah instansi yang berwenang;

4. Perusahaan perlu untuk memenuhi kepentingan vital Anda;

5. Perusahaan perlu untuk melaksanakan tugas dalam rangka kepentingan umum dan/atau pelayanan publik;

6. Perusahaan perlu memenuhi kepentingan yang sah lainnya, dengan tetap memperhatikan keseimbangan antara kepentingan Perusahaan dengan hak-hak Anda.

 

E. Tujuan Pemrosesan Data Pribadi

Pemrosesan Data Pribadi Anda dilakukan oleh Perusahaan untuk tujuan berikut:

1. Penyediaan layanan asuransi oleh Perusahaan, yaitu: proses pengajuan permohonan asuransi, penilaian risiko asuransi, penerbitan polis, kegiatan operasional Perusahaan, pengajuan dan penanganan atas klaim dan/atau reimbursement, pembayaran manfaat asuransi/klaim, layanan konsumen dan pengaduan, serta penyediaan layanan asuransi melalui media elektronik oleh Perusahaan;

2. Penyediaan layanan asuransi melalui kerja sama dengan afiliasi/pihak ketiga, melalui media elektronik dan/atau non-elektronik, termasuk platform layanan kesehatan oleh afiliasi dan/atau pihak lain dan yang ditunjuk oleh Perusahaan;

3. Proses reasuransi;

4. Pemenuhan terhadap peraturan perundang-undangan, perintah regulator, aparat penegak hukum, dan instansi berwenang lainnya;

5. Penyediaan layanan asuransi dalam bentuk ko-asuransi, kerja sama referensi dengan afiliasi dan/atau pihak ketiga, dan bentuk kerja sama lain antara Perusahaan dengan afiliasi dan/atau pihak ketiga;

6. Penawaran produk dan/atau layanan asuransi; produk dan/atau jasa lain yang dijual oleh perusahaan; produk dan/atau layanan asuransi maupun non asuransi dari perusahaan lain di dalam afiliasi dan/atau pihak ketiga lainnya yang bekerja sama dengan Perusahaan;

7. Penyediaan layanan kesehatan oleh fasilitas kesehatan;

8. Proses rekrutmen pegawai, hubungan kerja atau pemutusan hubungan kerja.

 

F. Pengungkapan Data Pribadi

Perusahaan dapat membagikan informasi Data Pribadi Anda kepada afiliasi Perusahaan dan/atau pihak ketiga untuk tujuan yang terbatas yang memberikan layanan atau jasa.

 

G. Pengendalian dan Transfer Data Pribadi

Dalam memproses Data Pribadi Anda, Perusahaan dapat melibatkan afiliasi dan/atau pihak ketiga sebagai pengendali bersama dan/atau prosesor Data Pribadi, baik di dalam dan/atau di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam rangka Pelindungan Data Pribadi sesuai peraturan perundang-undangan.

Jika Perusahaan melakukan transfer Data Pribadi Anda ke luar wilayah Negara Republik Indonesia, Perusahaan akan memperhatikan secara wajar bahwa negara tujuan transfer Data Pribadi telah memiliki tingkat Pelindungan Data Pribadi yang setara (atau lebih tinggi) dibandingkan Pelindungan Data Pribadi di Indonesia.

Dalam hal negara tujuan transfer Data Pribadi tidak memiliki tingkat pelindungan yang setara (atau lebih tinggi), Perusahaan dapat tetap melakukan transfer Data Pribadi Anda sepanjang memenuhi peraturan perundang-undangan.

 

H. Hal-hal yang dapat dilakukan sebagai Subjek Data Pribadi

Perusahaan menyadari bahwa Data Pribadi merupakan aset yang penting bagi Anda. Oleh karena  itu, Anda sebagai Subjek Data Pribadi dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Memperoleh Informasi dan Akses

Anda dapat memperoleh informasi dan akses terkait Data Pribadi Anda dengan mengajukan permintaan melalui email resmi Perusahaan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan Perusahaan.

2. Melakukan Perbaikan Data

Anda dapat melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki Data Pribadi yang salah atau tidak akurat.

3. Menggunakan dan/atau Mengirimkan Data Pribadi ke Pihak Lain

Anda dapat memperoleh, memanfaatkan, atau memberikan Data Pribadi Anda yang ada pada Perusahaan kepada pihak ketiga, dengan menggunakan sistem komunikasi yang digunakan oleh Perusahaan.

4. Mengakhiri Pemrosesan, Menghapus dan/atau Memusnahkan Data Pribadi

Anda dapat mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda dengan mengajukan permintaan sesuai petunjuk dalam Kebijakan Privasi dan pemenuhannya dilaksanakan sesuai waktu yang ditentukan oleh Perusahaan.

5. Menarik Persetujuan

Anda dapat menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi yang telah Anda berikan kepada Perusahaan dan setuju untuk memberikan tambahan waktu yang diperlukan Perusahaan untuk pemenuhannya. Anda dapat menghubungi Perusahaan untuk melakukan penarikan persetujuan tersebut melalui sarana komunikasi yang diatur dalam Kebijakan Privasi ini.

6. Mengajukan Keberatan atas Hasil Pemrosesan Otomatis

Anda dapat mengajukan keberatan atas hasil pemrosesan Data Pribadi Anda yang dilakukan secara otomatis yang berdampak hukum atau signifikan bagi Anda.

7. Menunda atau Membatasi Pemrosesan

Anda dapat menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi Anda secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi Anda.

8. Mengajukan perihal lainnya sesuai peraturan perundang-undangan

Anda dapat mengajukan perihal lainnya terkait pemrosesan Data Pribadi sepanjang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Penting untuk menjadi perhatian bahwa tindakan Mengakhiri Pemrosesan, Menghapus dan/atau Memusnahkan, Penarikan Persetujuan, Pengajuan Keberatan daatas Hasil Pemrosesan Otomatis, dan Menunda atau Membatasi Pemrosesan yang Anda ajukan dapat berdampak pada layanan yang diberikan kepada Anda, termasuk hubungan kontraktual. Hal ini dapat menyebabkan penghentian produk, layanan dan/atau jasa, pengakhiran polis atau ketidakmungkinan pemenuhan kewajiban kepada Anda dari Perusahaan, afiliasi dan/atau pihak ketiga lainnya.

Segala kerugian yang timbul akibat tindakan tersebut menjadi tanggung jawab Anda, termasuk pembatalan pertanggungan dan pembayaran kewajiban Anda yang timbul atas pembayaran premi maupun penggunaan Anda atas produk, layanan dan/atau jasa lainnya.

 

I. Pengesampingan Hal-hal sebagai Subjek Data Pribadi

Kewajiban Perusahaan dalam memperbarui dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi, memberikan akses kepada Subjek Data Pribadi, menjaga kerahasiaan Data Pribadi, mengakhiri pemrosesan Data Pribadi, menghapus Data Pribadi, memusnahkan Data Pribadi, memberitahukan penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi, serta menyampaikan pemberitahuan secara tertulis dalam hal terjadinya kegagalan Pelindungan Data Pribadi,  dikecualikan untuk:

a. Kepentingan pertahanan dan keamanan;

b. Kepentingan proses penegakan hukum;

c. Kepentingan umum dalam rangka penyelenggaraan negara; atau

d. Kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem

e. pembayaran dan stabilitas sistem keuangan yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan negara.

 

J. Persetujuan dan Jangka Waktu Penyimpanan dan Pemrosesan Data Pribadi

Seluruh Data Pribadi yang Anda berikan kepada Perusahaan akan disimpan pada media penyimpanan elektronik yang aman. Dengan menyerahkan Data Pribadi kepada Perusahaan, Pengguna menyetujui pengalihan, penyimpanan, serta

pengolahan yang akan dilakukan oleh Perusahaan. Perusahaan akan mengambil langkah-langkah dalam batas kewajaran yang diperlukan untuk memastikan bahwa Data Pribadi tersebut diperlakukan dengan aman dan sesuai dengan Kebijakan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Data Pribadi Anda akan disimpan dan diproses oleh Perusahaan sejak diterima dan akan dipertahankan selama Anda menggunakan produk, layanan, dan/atau jasa Perusahaan, atau sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pemrosesan Data Pribadi akan berakhir ketika hubungan antara Perusahaan dan Anda berakhir.

 

K. Perubahan Kebijakan Privasi

Perusahaan berkomitmen untuk menjaga keamanan, privasi informasi, dan Data Pribadi Anda. Oleh karena itu, Kebijakan Privasi ini dapat diperbarui sesuai dengan praktik Perusahaan dalam pemrosesan Data Pribadi dan ketentuan peraturan perundang-undangan. Versi terbaru dari Kebijakan Privasi dapat Anda  akses melalui situs resmi Perusahaan: https://www.mandiriinhealth.co.id/id/kebijakan-privasi

Setiap perubahan akan diinformasikan melalui media komunikasi resmi Perusahaan.

 

L. Hubungi Perusahaan

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kebijakan Privasi ini silakan menghubungi Perusahaan melalui email ke [email protected]

 

Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada Perusahaan.

 

PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

 

Pembaruan terakhir: 05 April 2024

PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Copyrights © 2024. PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia. All Rights Reserved .